Pengalaman Tes Seleksi PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman perihal tes seleksi masuk PT Toyota Boshoku Indonesia atau TBINA. Saya mengikuti tes seleksi masuk PT Toyota Boshoku Indonesia pada bulan februari 2016.

Saya berharap pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Pada artikel yang lalu saya telah membahas mengenai kesejahteraan PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA) silahkan anda baca, pada artikel tersebut saya sudah memberikan informasi perihal profil, gaji, tunjangan, dan lain sebagainya.

Proses seleksi karyawan baru PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)


Proses seleksi karyawan baru di PT Toyota Boshoku Indonesia ini tidak berbeda jauh dengan tes seleksi di perusahaan lainnya, seperti psikotes, tes, fisik, wawancara dan lain sebagainya.

Mungkin diantara pembaca masih ada yang belum tahu bagaimana cara melamar ke PT Toyota Boshoku Indonesia atau TBINA melalui website, anda bisa membaca artikel saya tentang cara melamar ke PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA) dan silahkan anda coba.

Psikotes PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)


Psikotes pada tes seleksi PT Toyota Boshoku Indonesia menurut saya sangat mudah,  bahkan bagi para pencari kerja baru atau fresh graduate pun sangat mudah. Ada dua bentuk soal yang pertama adalah matematika dasar dan satu lagi tes kraeplin.

  • Tes matematika dasar, dari namanya saja sudah terlihat betapa mudahnya bukan? Ya memang kenyataannya sangat mudah. Soalnya hanya berupa operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian.
  • Tes kraeplin, mungkin bagi yang sudah berpengalaman tidak asing mendengar nama kraeplin namun bagi para fresh graduate saya yakin masih bingung seperti apa dan bagaimana cara mengerjakannya. Silahkan baca artikel saya tentang tips dan cara mengerjakan tes kraeplin yang benar.

Walaupun mudah tapi anda juga tetap harus tetap berhati-hati dalam mengerjakannya, jangan pernah menganggap remeh segala sesuatu.

Tes fisik PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)


Setah lulus psikotes tahapan selanjutnya adalah tes fisik, tes fisik ini jiga di adakan di plant TBINA yang ada di Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur. 

Apa saja tesnya?

  • Lari memutari gedung bekas pabrik selama 20 menit, tidak ditentukan berapa putaran yang terpenting selama 20 menit full anda berlari, semakin banyak putaran yang anda dapat maka akan semakin bagus pula.
  • Angkat barble seberat 15kg sebanyak 10 kali.
  • Push up 10 kali.
  • Sit up 10kali.

Setelah semua tes diatas selesai semua peserta diminta untuk membuka baju untuk di cek apakah ada yang bertato atau tidak. Juga untuk mengecek apakah ada bekas patah tulang atau tidak.

Oh iyya, jangan lupa juga untuk membaca Tentang Tes Psikologi PT. KAI beserta Tips untuk Lolos!! 

Tes medical check up PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)


Ini yang membedakan proses rekruitmen karyawaan baru di TBINA dengan di perusahaan lain. Di TBINA medical check up atau tes kesehatan dilakukan lebih dahulu baru kemudian tes wawancara.

Pada waktu itu saya menjalani tes medical check up di Rs Bella Bekasi dengan biaya Rp 195.000.

Pengetesan dan pengecekan yang dilakukan pun tetap sama dengan medical check up di perusahaan lainnya, tidak ada yang berbeda sedikitpun. Uang biaya Medical Check up nantinya akan diganti pada saat menerima gaji pertama. Itu jika lulus jika tidak maka hangus.

Tes wawancara PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)


Setelah melewati tahap psikotes, tes fisik, lalu medical sampailah ke tahap akhir seleksi yaitu tes wawancara. Pada tahap ini kuncinya agar bisa mudah lolos adalah semua persyaratan lengkap. Baik persyaratan berkas atau yang lainnya harus lengkap.

Jika ada yang kurang persyaratannya maka akan di pending dan lama waktu pendingnya bisa sampai berbulan-bulan. 

Pertanyaan yang diajukan pada waktu wawancara pun sangat standar dan biasa, tidak ada pertanyaan yang menjebak. Waktu itu saya hanya ditanya mengenai kegiatan sehari-hari dan pekerjaan lama saya.

Prospek Kerja Teknik Mesin yang Bagus dan Menjanjikan 

Tahap induksi


Tahap induksi ini mirip-mirip lah dengan training, peserta hanya diminta berkumpul di sebuah ruangan, duduk di ruangan ber AC dengan kursi empuknya lalu diminta untuk menerima materi seputar perusahaan, 5R, dll. Proses induksi ini dilaksanakan selama 4 hari.

Tahap OJT (On Job Training)


Ini merupakan babak final, berbeda dengan tahap induksi pada tahap OJT ini peserta mulai diperkenalkan dengan pekerjaan yang akan dipegang nantinya.

Jadi peserta sudab mulai memegang mesin dan belajar dengan pekerjaannya masing-masing. Tahap OJT ini dilaksanakan selama 2 minggu dan selama 2 minggu tersebut peserta tidak boleh absen atau telat, jika melanggar maka taruhannya adalah cancel tanda tangan kontrak.

Penutup


Demikian informasi mengenai pengalaman mengikuti tes seleksi masuk PT Toyota Boshoku Indonesia atau TBINA semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Jika andda memiliki pertanyaan, kritik maupun saran silahkan anda bisa bertanya melalui kolom komentar, melalui menu Contact Us ataupun langsung ke email saya di wahyusetiawanblog9999@gmail.com.

11 Responses to "Pengalaman Tes Seleksi PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)"

  1. Mas oji kadalusa skck d periksa nggkk yah
    Soalnya saya jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skck mati ngga masalah Mba/Mas, waktu itu saya juga SKCK matmati ngga dipermasalahkan.

      Delete
  2. Mas oji kadalusa skck d periksa nggkk yah
    Soalnya saya jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga masalah Mas/Mbak, waktu itu juga SKCK saya mati. Gpp

      Delete
  3. Min nunggu hasil medicalnya berapa lama? Trus nanti dihubunginya lewat apa?

    ReplyDelete
  4. Min nunggu hasil medicalnya berapa lama? Trus nanti dihubunginya lewat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu hasil MCU agak lama mas, saya waktu itu sekitar sebulanan.

      Delete
  5. kaaa mau tanya kl ga ada sim c gimana??

    ReplyDelete
  6. mas kalo saya tidak punya sim c gimana ya , sedangkan saya dapet sms panggilan tes ke jakarta seminggu lagi

    ReplyDelete