Tips Ampuh Agar Lulus Psikotes Menggambar Pohon

Setelah pada kesempatan yang lalu saya membahas mengenai psikotes menggambar orang pada kedempatan kali ini saya akan memberikan tips agar anda bisa lolos psikotes menggambar pohon.

Psikotes gambar pohon ini juga sangat sering digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi para calon karyawan. Biasanya yang menggunakan psikotes ini adalah perusahaan bersar seperti Astra Group.

Psikotes gambar pohon ini digunakan untuk melihat tingkat kepercayaan diri seseorang, kestabilan emosi serta ketahanan kerja seseorang. 

Langkah mengerjakan psikotes gambar pohon

Anda akan diberi satu lembar kertas lalu anda diminta untuk menggambar satu jenis pohon dikertas tersebut menggunakan pensil, biasanya pensil yang digunakan adalah pensil hb. Setelah anda selesai menggambar anda akan diminta untuk menuliskan jenis pohon yang anda gambar dibawah ganbar pohon anda. 

Tips agar lulus psikotes menggambar pohon


Sama seperti psikotes menggambarorang, psikotes menggambar pohon juga bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terlebih bagi anda yang skill menggambarnya kurang baik, saya yakin anda pasti akan ragu-ragu dan menurun tingkat kepercayaan dirinya.

Jangan lupa untuk membaca Tes Psikologi Untuk Menentukan Karir/ Pekerjaan yang Tepat!! 

Namun anda tidak perlu seperti itu, lulus atau gagalnya pada tes ini tidak ditentukan oleh bagus atau jeleknya gambar anda. Lalu bagaimana cara mengerjakannya agar lulus? Simak dan pahami penjelasan saya dibawah ini...

1. Pilih jenis pohon yang benar

Pohon apa yang benar dan tepat untuk digambar? Yang pertama anda harus memilih pohon yang menurut anda mudah, namun tidak semua pohon yang menurut anda mudah boleh digambar. 

Pohon yangtepat untuk digambar harus berdaun rindang dan lebat, memiliki banyak buah, dan juga berkambium. Saya sarankan agar anda menggambar pohon durian, mangga, nangka, atau pohon jambu.

2. Hati-hati dalam membuat goresan

Jangan pernah ragu dalam membuat goresan gambar anda, maksudnya bagaimana? Usahakan agar anda membuat gambar dengan sekali gores dan tanpa fihapus, jika anda menggores berulang kali pada satu garis dan anda membuat bekas hapusan maka anda akan dinilai sebagai seorang yang plin-plan, dan kurang percaya diri.

Selain itu posisi gambar anda juga harus anda perhatikan, pastikan gambar anda tepat berada ditengah-tengah kertas agar simetris. 

3. Gambarlah sedetail mungkin

Sama seperti psikotes gambar orang, di tes ini anda juga harus menggambar secara detil mulai dari akar, batang, ranting, dahan, daun, buah, dan juga bunga. 

Anda juga harus memperhatikan instruksi dari pengawas tes, biasanya ada beberapa jenis pohon yang tidak boleh digambar. Beberapa pohon yang tidak boleh digambar antara lain pohon beringin, pohon pisang, pohon kelapa, dan masih banyak lainnya. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan instruksi pengawas tes.

4. Perhatikan keterangan gambar

Setelah anda selesai menggambar anda akan diminta untuk menuliskan keterangan berupa nama atau jenis pohon yang anda gambar, anda jangan sampai salah dalam menuliskan keterangan ini. Jangan sampai anda menggambar pohon durian lalu anda menulis pohon salak pada deskripsi.

Selain itu biasanya anda juga akan diminta untuk menuliskan alasan kenapa menggambar pohon itu.

Aspek penilaian psikotes menggambar pohon

Mungkin anda bertanya-tanya, jika bukan bagus atau jeleknya gambar yang dinilai lalu apa yang dinilai? Perhatikan pembahasan saya dibawah ini...

#1. Gambar pohon membulat pada ujung
Begini, jika anda menggambar lalu pada bagian atas pohon yang anda gambar membulat maka anda akan dinilai sebagai seorang yang selalu memperhatikan hal-hal secara detil, 
bisa menghargai orang lain, melihat situasi dari semua sudut pandang, dan tidak pendendam.

#2. Gambar pohon segitiga pada ujung
Jika anda menggambar dengan ujung pohon membentuk segitiga diartikan bahwa anda adalah seorang yang gigih, mau bekerja kera, dan juga memiliki tujuan prestasi yang tinggi. Anda juga akan dinilai sebagai orang yang prospektif dan juga memperhatikan sesuatu secara detil.

#3. Ada objek lain disekitar pohon
Misalnya di sekitar pohon anda menggambar hewan atau rerumputan atau mungkin semak maka anda akan dinilai sebagai seorang yang tidak egois, memikirkan orang lain dan pandai menjaga mood atau perasaan orang lain. Intinya anda memperhatikan orang lain.

#4. Pohon berdaun rindang
Jika anda menggambar pohon berdaun rindang anda akan dinilai sebagai seorang yang dipenuhi dengan ide-ide menarik, dan juga gemar melakukan tugas secara bersamaan atau multitasking. Gambar daun sebenarnya melambangkan ide atau gagasan.

#5. Pohon tanpa akar
Jika anda menggambar pohon tanpa akar anda akan dinilai sebagai seorang yang mandiri, dan cenderung gemar melakukan segala sesuatu secara sendiri istilahnya individualis.

Selain itu anda juga akan dibaca sebagai seorang yang berkepribadian introvert dan mudah beradaptasi pada lingkungan baru.

Berikut ini contoh gambar pohon yang bisa anda jadikan referensi...
Contoh psikotes gambar pohon
Contoh psikotes gambar pohon

Saya kira cukup sampai disini pembahasan mengenai psikotes menggambar pohon ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Jika anda memiliki kritik atau saran ataupun pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar, Menu Contact Us ataupun langsung ke email saya di wahyusetiawanblog9999@gmail.com

Demikian...

0 Response to "Tips Ampuh Agar Lulus Psikotes Menggambar Pohon"

Post a Comment