Tips Ampuh Agar Lulus Psikotes Menggambar Orang

Ada banyak sekali bentuk dan metode yang digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi para calon karyawan baru, salh satu yang paling umum dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan psikotes.

Nah, salah satu jenis psikotes yang sering sekali digunakan adalah tes menggambar orang atau manusia. Jenis tes ini bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi bagi yang tidak memiliki skill menggambar yang baik tentu akan merasa tidak percaya diri.

Cara mengerjakan psikotes gambar orang 

Dari namanya anda pasti sudah bisa menebak apa dan bagaimana. Jadi nanti anda akan diberi kertas hvs kosong lalu anda diminta untuk menggambar orang dengan menggunakan pensil. Setelah anda selesai menggambar anda akan diminta menuliskan keterangan berupa nama, umur, profesi, sifat baik, dan sifat buruk orang yang anda gambar.

Jangan lupa untuk membaca Tes Psikologi Untuk Menentukan Karir/ Pekerjaan yang Tepat!! 

Tips mengerjakan psikotes gambar orang agar lulus


Walaupun anda tidak memiliki keahlian menggambar yang baik anda tidak perlu khawatir anda akan gagal, penilaian dri tes ini tidak berdasarkan bagus atau tidaknya gambar. Ada baiknya anda memerhatikan beberapa tips psikotes menggambar orang yang saya paparkan dibawah ini...

1. Jangan asal gambar

Gambarlah seseorang yang sesuai dengan jenis kelamin anda, misalkan anda laki-laki maka gambarlah seorang laki-laki. Gambarlah seseorang yang anda benar-benar kenali, misalnya teman anda ataupun diri anda sendiri pun tidak masalah. Kenapa? Biasanya setelah peserta selesai menggambar maka akan diminta juga untuk menuliskan nama, umur, profesi, aktifitas, sifat baik, dan sifat buruk orang yang anda gambar.

2. Gambar yang baik itu seperti ini

Pastikan anda memulai menggambar tepat pada tengah-tengah kertas agar gambar anda nantinya simetris.

Gambarlah sedetil mungkin, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jangan lupa bagian-bagian kecil seperti jari, alis, mata, hidung, mulut juga harus anda gambar secara detil. Jangan menggambar kartun, manga, ataupun sketsa. Kenapa harus detil? Seperti yang saya katakan diatas bahwa, HRD menilai gambar anda bukan dari bagus atau tidaknya, tetapi dari seberapa detil gambar anda.

3. Perhatikan siapa yang anda gambar

Gambarlah seseorang dengan profesi yang jelas, misalkan anda menggambar seorang tentara maka anda juga harus menggambar atributnya semisal senjata atau yang lainnya. Gambarlah seseorang dengan ekspresi bahagia misalnya tersenyum atau tertawa.

Pastikan anda menggambar seseorang yang sedang beraktifitas, tentu aktifitasnya sesuai dengan profesi. Misalnya anda menggambar petani maka aktifitasnya membajak pesawat, eh sawah maksudnya.

4. Perhatikan ketebalan garis

Jangan membuat garis tebal pada bagian wajah, kenapa? Ini akan menunjukkan bahwa anda adalah seseorang yang kurang percaya diri. Pastikan gambar anda proporsional. Usahakan agar anda menggambar seseorang dengan tangan yang terbuka (tidak mengepal) ini agar gambar anda terlihat detil sampai ke bagian jari sekalipun.

Yang terpenting adalah anda harus yakin dan percaya diri dalam mengerjakan tes ini. Pahami dan ingat-ingat tips yang saya berikan diatas.

Penilaian psikotes gambar orang 


Lalu apasih yang dilihat dan dinilai oleh HRD dari gambar yang anda buat? Saya yakin banyak yang penasaran dengan hal ini. Perhatikan penjelasan saya dibawah ini...

#1 Posisi gambar
Ternyata posisi objek yang anda gambar juga memiliki makna dan maksud sendiri-sendiri.
  • Gambar ditengah, ini menunjukkan anda adalah seseorang dengan kontrol emosi yang sangat baik, hidup berprinsip kuat, mudah beradaptasi, dan sedikit kaku.
  • Gambar diatas, gambar yang berada di bagian atas kertas menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sombong, ambisius, namun memiliki optimisme tinggi dalam segala hal.
  • Gambar dikanan atau kiri, menunjukkan bahwa anda adalah orang yang memiliki semangat juang tinggi, terbuka atau supel, cerdas, dan memiliki kontrol emosi yang sangat baik.
#2 Ukuran gambar
Jika ukuran gambar anda terlalu kecil anda akan dinilai sebagai pribadi yang kurang percaya diri. Namun jika ukuran gambar anda terlalu besar anda justru akan dinilai sebagai seorang yang angkuh, terlalu percaya diri, dan juga susah di atur.

#3 Garis 
Bahkan garis yang anda buat dalam membentuk objek pun memiliki makna. Jangan menggambar dengan garis putus-putus, jadi gambarlah dengan garis yang tegas maksudnya tidak terlalu tebal atau tipis.

Dengan garis yang tegas anda akan dinilai sebagai pribadi yang kuat, percaya diri, mudah beradaptasi dan supel. Jika anda menggambar dengan garis putus-putus, tipis, atau terlalu tebal maka anda akan dinilai sebagai seorang yang minderan, kurang bisa bersosia.

#4 Ukuran kepala objek
Ukuran kepala objek yang anda gambar pun anda tidak boleh semau anda, perhatikan...
  • Gambar kepala tidak proporsional maksudnya tidak kecil dan tidak besar dan tidak sesuai dengan ukuran tubuh, jika anda menggambar seperti ini anda akan dinilai sebagai pribadi yang labil.
  • Gambar kepala kecil, anda akan dinilai sebagai seorang yang jujur, mudah beradaptasi namun sedikit pemalu.
  • Gambar kepala besar, anda akan dinilai senagai pribadi yang cerdas, memiliki wawasan luas dan juga imajinatif.
#5 Bentuk dan ukuran rambut
Jika anda menggambar seseorang dengan rambut yang tipis berarti anda memiliki kelemahan tersembunyi yang sengaja anda tutupi. Jika menggambar rambut gondrong dan acak-acakan maka anda akan dinilai sebagai seorang yang tidak jelas.

Anda disarankan agr menggambar dengan rambut yang agak tebal saja.

#6 Gambar alis
Gambar alis yang tipis menandakan anda adalah pribadi yang mudah bergaul, ramah namun kurang percaya diri. Jika anda menggambar dengan alis yang tebal maka artinya anda adalah seorang yang berkepribadian baik, dan normal semuanya.

#7 Bentuk mata
Perhatikan...
  • Mata sipit artinya anda berwawasan kurang, egois, kurang empati.
  • Mata besar menunjukkan bahwa anda adalah seorang yang agresif, ingin tahu banyak, suka berselisih.
  • Mata tertutup menunjukan anda sebagai seorang yang individualis artinya merasa mampu tanpa bantuan orang lain
  • Mata berkaca mata artinya kamu buthurt atau tidak bisa menerima kenyataan 
Berikut ini beberapa gambar hasil pengerjaan psikotes gambar orang yang mungkin nda bisa jadikn referensi nantinya...

Jawaban psikotes gambar orang

Jawaban psikotes gambar orang

Saya kira cukup untuk pembahasan mengenai psikotes menggambar orang ini semoga anda bisa faham dan mendapatkan manfaatnya.

Jika anda memiliki kritik atau saran silahkan kirimkan melalui kolom komentar, Menu Contact Us atau langsung ke email saya di wahyusetiawanblog9999@gmail.com.

Demikian...

0 Response to "Tips Ampuh Agar Lulus Psikotes Menggambar Orang "

Post a Comment