Cara Mengerjakan Tes Wartegg Yang Baik Dan Benar

Sebagai pencari kerja tentu wajib mendalami dan mempelajari jenis tes yang di gunakan pada proses seleksi karyawan baru. Ada banyak sekali jenis tes yang digunakan dan yang paking sering dan lazim digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil adalah psikotes wartegg. Olehnya itu, kami menulis artikel yang berjudul "Cara Mengerjakan Tes Wartegg Yang Baik Dan Benar " ini, semoga bermanfaat..

Saya yakin pembaca blog saya ini tidak hanya orang yang sudah berpengalaman namun banyak juga yang masih baru atau fresh graduate yang saya yakin belum faham dan mengerti seperti apa dan bagaimana cara mengerjakan tes wartegg ini.

Saya akan mencoba menjelaskan secara rinci agar nantinya anda bisa mengerjakan tes wartegg ini secara benar dan dengan cara terbaik. 

Apa itu tes wartegg

Bagi anda fresh graduate atau yang baru turun ke zona pengangguran saya yakin ketika mendengar nama tes wartegg pasti langsung teringat dengan warung makan dari tegal, tapi ini bukan ya. Tesnya juga bukan diminta untuk menebak nama menu atau diminta untuk menunjukkan bon utang anda di wartegg.

Jangan lupa untuk membaca Tes Psikologi Untuk Menentukan Karir/ Pekerjaan yang Tepat!! 

Jadi tes wartegg ini biasa juga disebut tes melangkapi gambar, karena memang perintah tes ini adalah peserta diminta untuk melengkapi gambar mentah menjadi gambar jadi. Tes ini pertama kali diciptakan oleh Krugger dan Sander dari Universitas Leipzig, Jerman. Lalu tes ini dikembangkan lagi oleh Marian Kinget.

Lantas apa tujuan tes ini? Seperti psikotes lainnya tes wartegg digunakan untuk mengetahui tingkatan emosi, imajinasi, dinamisme, dan gambaran pribadi seseorang.

Cara mengerjakan tes warteg yang baik dan benar

Walaupun sebenarnya kita tidak bisa menentukan bahwa jawaban yang anda jawab benar atau salah tapi ada beberapa hal yang wajib anda ketahui agar nantinya anda bisa lulus dalam mengerjakan tes wartegg.

Seperti apa bentuk tes wartegg?
Soal tes wartegg
Gambar diatas merupakan bentuk dari tes wartegg, terdiri dari 8 kotak. Cara mengerjakannya adalah anda diminta untuk melanjutkan gambar yang masih berupa gambar mentah disetiap kotak menjadi gambar jadi. 

Contoh kunci jawaban tes wartegg seperti dibawah ini... 
Kunci jawaban tes wartegg
Kunci jawaban tes wartegg diatas bisa anda jadikan referensi untuk mengerjakan, seelah anda selesai mengerjakan anda akan diminta untuk mengurutkan, mana gambar yang pertama anda kerjakan sampai yang terakhir anda kerjakan. Anda juga tidak boleh mengerjakan secara acak swenak hati anda, ada tipsnya nanti akan saya jelaskan dibawah.

Setelah mengurutkan, anda diminta untuk menulis nama benda atau gambar yang anda gambar dan diminta untuk memilih mana yamg menurut anda paling mudah (M) dan paling susah (S) dan yang paling bagus (+) lalu yang paling jelek (-) menurut anda.

Haru anda ketahui juga bahwasannya soal yang ada pada setiap kotak memiliki maksud dan aspek penilaian yang berbeda-beda, perhatikan penjelasan dibawah ini..

  • Kotak 1 berupa titik hitam ditengah, soal ini digunakan untuk melihat bagaimana anda menyesuaikan diri atau beradaptasi di lingkungan baru nantinya, apakah anda supel atau justru susah bergaul. 
  • Kotak kedua berupa simbol ~ itu untuk melihat fleksibelitas perasaan atau emosi anda.
  • Kotak ketiga berupa tiga buah garis vertikal, ini untuk melihat seberapa kuat tekat dan semangat anda untuk maju.
  • Kotak ke 4 berupa kotak hitam kecil, ini untuk mengetahui bagaimana cara anda untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah.
  • Kotak ke 5 berupa garis menyerupai huruf T, ini untuk mengetahui tindak tanduk anda dalah keseharian anda.
  • Kotak ke 6 berupa dua buah garis vertikal dan horizontal, Untuk melihat bagaimana anda menganalisa sesuatu.
  • Kotak ke 7 berupa titik yang membentuk setengah lingkaran, untuj mengetahui tingkat emosi anda, apakah masih kekanakan atau sudah benar-benar dewasa.
  • Kotak ke 8 berupa garis lengkung, tujuan dari soal ini adalah untuk mengetahui bagaimana kehidupan sosial anda di masyarakat.

Apa dan bagaimana cara mengerjakannya sudah tahu, lalu tujuan tiap soal juga sudah faham. Sekarang bagian yang paling penting, bagaimana cara agar anda bisa lolos? Bagaimana cara mengerjakan tes warteg dengan benar dan dengan cara terbaik? Pahami tips dibawah ini...

  • Tips yang pertama adalah anda harus menjaga agar kertas soal anda terjaga kebersihannya, jangan sampai ada kotoran seperti lumpur ataupun lahar gunung merapi. Intinya harus bersih.
  • Jangan memulai dari soal nomor 5, kenapa? Ini khusus bagi anda pria atau cowok, jika anda memulai dari nomor 5 anda akan dinilai sebagai pribadi yang memiliki kelainan seksual. Bagi perempuan atau cewek sih tidak masalah mengerjakan dari nomor 5.
  • Jangan mengerjakan dengan urutan normal, misal 1.2.3.4.5.6.7.8 atau 8.7.6.5.4.3.2.1 anda akan dinilai sebagai seseorang yang kaku dan minim kreatifitas. Tapi jangan juga anda mengerjakan secara sangat acak, anda akan dinilai sebagai seseorang yang tidak bisa diatur.
  • Disarankan agar anda mengerjakan dari soal yang menurut anda paling mudah.
  • Pada soal kotak 1.2.7.8 gambarlah sesuatu yang menggambarkan jiwa atau sifat yang feminim misalnya hewan, bunga atau yang lainnya.
  • Pada soal nomor 3.4.5.6 gambarlah sesuatu yang menggambarkan sifat atau jiwa yang maskulin, strong, dan gagah, misalnya bangunan atau hewan besar seperi gajah atau dinosaurus.
  • Yang terakhir, jangan sampai ada banyak bekas hapusan atau koreksi pada gambar anda. Misal anda awalnya menggambar wajah mimi peri lalu anda hapus dan mengubah gambar menjadi gambar hantu valak maka anda akan dinilai sebagai seseorang yang plin plan dan ragu-ragu dalam membuat keputusan.

Oiya, dalam mengerjakan tes ini anda diminta untuk menggunakan pensil, tidak diperkenankan untuk menggunakan ballpoin. 

Selaun tips-tips diatas yang paling penting adalah anda harus berdoa dan meminta restu orang tua agar anda dimudahkan dalam mengerjakan tes wartegg ini.

Jikalau anda gagal, jangan menyerah setidaknya anda mendapatkan pengalaman berharga yang dapat anda pakai sebagai amunisi dikesempatan lain kali.

Saya kira cukup untuk pembahasan kali ini mengenai cara mengerjakan tes wartegg secara benar dan dengan cara yang terbaik. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Jika ada kata atu data yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika anda memiliki pertanyaan, kritik maupun saran silahkan kirimkan melakui kolom komentar, Menu Contact Us ataupun langsung ke email saya di wahyusetiawanblog9999@gmail.com

Jangan lupa folow akun fb saya "Faozi Zy",  terima kasih atas atensinya.

Demikian...

0 Response to "Cara Mengerjakan Tes Wartegg Yang Baik Dan Benar "

Post a Comment