Tentang Tes Psikologi PT. KAI beserta Tips untuk Lolos!!

Baiklah pemirsa, kali ini kami akan membagikan artikel terbaru mengenai test psikotes PT. KAI dan tips triknya untuk lolos. Kesempatan kali ini, kami memberikan judul pada artikel ini yakni "Tentang Tes Psikotes PT. KAI beserta Tips untuk Lolos!!". Selamat membaca...

Banyaknya oang yang memiliki hobi traveling menjadikan PT. KAI sebagai salah satu pihak yang berperang penting dalam hal transportasi, khusunya pada kereta api. Bukan main, kenyamanan dalam bepergian menjadi salah satu prioritas mereka sehingga menjadikan mereka membutuhkan pekerja yang sangat profesional.
Test psikotes masuk PT. KAI

Berikut artikel Tentang Tes Psikologi PT. KAI beserta Tips untuk Lolos!!

Baiklah, sebenarnya saya mengambil referensi dari website lain untuk bahan tulisan saya pada artikel ini.

Detail  tes Psikotes PT. KAI

Untk mengawali semua pembahasan dalam artikel ini, saya akan mengawalinya dengan detail, apa itu tes psikotes, bagaimana itu....

Sebenarnya, tes psikotes biasanya diadakan di pagi hari. Oleh karen itu, kalian sebaiknya cepat berangkat dan jangan sampai terlambat datang ke lokasi tes. Kelalaian seperti itu bisa saja menimbulkan hal yang fatal buat kalian seperti digugurkan karena terlambat. Biasanya, sobat akan memakai kemeja putih dengan membawa alat tulis untuk ujiannya nanti. Ingat untuk membawa pensil HB yah!!

Nah, inilah detail tes saat seleksi psikotes:

1. Kesamaan kata (Bukan persamaan/sinonim)

Sesi yang pertama ii bisa dibilang cukup mudah loh guys... Pada bagian ini, kalian hanya akan disuruh untuk mengecek antara kata sebelah kanan dan kiri, apakah struktur keduanya adalah sama? Ataukah justru berbeda. 

Intinya, kalian harus memberikan jawaban S bilamana jawabannya sama, sedangkan B jika jawabannya berbeda. Jangan sampai terkecoh, S bukanlah Salah dan B bukanlah Benar...

Untuk lebih pahamnya, berikut contohnya:

1. Aspergillus .............(S)...............Aspergillus
2.Spanduk ..................(B)...............Spannduk

Penjelasan:

Nah, pada no.1 kalian bisa melihat bahwasanya kata pada bagian kanan dan kiri mempunyai susunan kata yang sama sehingga di beri huruf S(Sama). Sementara no.2 yang mempunyai struktur yang berbeda (kalian bisa melihatnya sendiri) akan diberi huruf B (Berbeda).

Jelas kan???? 

Nah, akan ada banyak soal pada sesi ini, oleya itu mustahil buat kalian untuk menjawab selesai semua soal dengan waktu yang diberikan. Kami sarankan sebaiknya kalian menjawab semua soal dengan cepat dan bilamana waktu habis, maka jawablah sisa soal yang ada karena pada sesi ini tidak ada sistem pengurangan nilai.


2. Kalkulasi

Kalkulasi alias perhitungan yang dimaksud kali ini merupakan perhitungan yang mendasar dan ada beberapa dalam bentuk soal cerita. Perhitungan dasar kali ini meliputi soal operasi bilangan seperti :  

+ - x :   (Tambah, kurang, kali dan bagi)                      

Contoh:

1. 73+25+45=..............
2.10000:4x2=..................

Lanjut...

Pada sesi ini, sobat akan dituntut untuk lebih cepat dalam menghitung operasi bilangan yang ada. Tips kami, bilamana kalian menemukan soal yang sukar, maka segeralah untuk  lanjut ke soal berikutnya agar waktu kalian tidak terbuang sia2. Logikanya, yang dihitung adalah yang benar, jadi cari jawaban yang anda yakini bisa terjawab dengan benar. Kalian juga bisa menjawab asal- asalan jikalau anda kepept karena tidak ada sistem pengurangan angka pada bagian ini.

Sekarang kita akan membahas soal ceritanya...

Ternyata, soal cerita dalam tes matematika PT. KAI ini biasanya sangat mudah guys...jadi yang menjadi persoalan adalah bagaimana kalian bisa cepat dalam menghitung jawabannya. Intinya begini, cari soal yang mudah saja dan jika anda mendapatkan soal yang sulit, lewati ataukah jawab sebisanya saja.

Contoh

Budi membeli pensil dengan harga Rp.2.000. Karena suatu alasan, dia kemudian memperoleh diskon 10%. Pertanyaan, berapakah harga pensil yang harus dibayar Budi?

Jawaban : 2.000 - (2000 x 10%)
              =2.000 - 200
               = Rp.1.800 

3. Jaring-jaring pada bangun ruang

Sesi kali ini, kalian akan disugukan jaring-jaring bangun ruang. Pertayaan yang paling lazim,"ketika jaring-jaring ini dibentuk, maka bangun ruang apakah yang akan dibentuk/dihasilkan?

Tentunya, anda harus memiliki daya khayal yang kuat untuk bisa membayangkan bilamana jaring-jaring dibentuk, maka bangun ruang apa yang akan terbentuk. Ini seperti soal ujian nasional SMP saya, wkwkwwk....

Sama seoerti sebelumnya, intinya jangan terlalu lama berfikir karena anda harus menggunakan waktu semkasimal mungkin untuk menjawab soal sebanyak- banyaknya.

4.Antonim dan Sinonim

Lanjut... pada sesi ini, sobat akan diberikan kata sebanayak 4 buah dan kalian harus mencari antara 4 kata ini yang mempunyai perbedaan sendiri ketimbang 3 kata yang lainnya. 

Contoh:

a. melihat       b. menatap     c. memperhatikan         d.membaca

Nah, diantara ke- 4 kata ini, yang paling berbeda adalah d. membaca. Sedangkan ketiga kata lainnya mempunyai makna yang sama.

5. Tes wartegg

Wahh.. ternyta tes wartegg ini juga akan kalian dapatkan saat mengikuti tes masuk PT. KAI. Tes ini terdiri dari 8 kotak yang berisi garis atau titik. Tugas kalian yakni untuk melanjutkan melanjutkan garis atau titik tersebut menjadi sebuah gambar yang benar.

Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya anda membaca Cara Mengerjakan Tes Wartegg Yang Baik Dan Benar 

Ini gambar nya:

contoh tes wartegg

Berikut tips trik dalam menjalankan tes wartegg:
1. Selalu menjaga kertas anda dalam keadaan bersih
2. Apabila anda adalah seorang pria, makan janganlah memulai mengerjakan soal ini dari nomor 5, jika ternyata anda memulainya dari nomor 5, berarti kalian mempunyai kelainan seksual.
3. Mulailah dari gambar yang paling mudah untuk kalian selesaikan
4. Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), dan tidak begitu acak. Bilamana perintah terlalu urut, berarti anda termasuk orang yang kaku, sedangkan jika terlalu acak berarti anda adalah tipe orang yang sulit mengikuti aturan. Yah, masing- masing ada penilaiannya yah...
5. Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati yang  bersifat maskulin
6. Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin.
7. Berikan nama untuk masing-masing gambar pada  bagian kertas yang kosong.

Contoh....

Penjelasan mengenai kotak Tes wartegg (melengkapi gambar)

kali ini penjelasnnya yah, tentunya setiap gambar setiap pada kotak wartegg mempunyai nilai yang berbeda. Dan berdasarkan gambar tersebut,  karakter kalian dapat dinilai dan diketahui seperti tekad anda, kemauan, kelincahan, kemampuan beradaptasi, menyelesaikan masalah, kebijaksanaan dan lain sebagainya.

Bca juga: Tips Ampuh Agar Lulus Psikotes Menggambar Orang

Oleh karena itu, saat kalian mengerjakan tes wartegg ini, sobat sebaiknya dapat menyesuaikan gambar dengan karakteristik yang pada umumnya dibutuhkan oleh suatu perusahaan. 

Dan inilah penjelasan tiap- tiap kotak:
Kotak 1
Titik-titik hitam kecil itu menunjukkan kelincahan, pusat sentral. Gambarlah makhluk hidup memiliki karakteristik, seperti serangga, laba-laba, kupu-kupu

Kotak 2 
Bentuk S terbalik menggambarkan kebebasan, menggelepar. Gambarlah burung terbang.

Kotak 3
Baris ketiga menunjukkan kemauan dan tekad kalian untuk selalu memperbaiki diri. Gambarlah pagar, tangga, tiang listrik, dan sebagainya.

Kotak 4
Kotak hitam kecil di sudut kanan atas tersebut menunjukkan konstruksi yang kuat. Gambarlah bangunan, atau konstruksi beton, dan lain lain yang menunjukkan sesuatu yang kuat.

Kotak 5
Dua garis di sudut kiri bawah itu menunjukkan bagaimana ketepatan dalam memcahkan suatu permasalahan. Gambarlah objek yang kompleks, cepat, tepat, seperti balap motor atau mobil.

Kotak 6
Dua garis membentuk segi empat tersebut menunjukkan kesederhanaan, akan tetapi anda tetap harus menyuguhkan realitas. Makagambarlah kamera, televisi, komputer.

Kotak 7
Titik kurva itu menunjukkan garis yang tidak dapat diproses secara sembarangan, harus diperlakukan dengan hati-hati. Maka gambarlah ulat dan ular.

Kotak 8
Garis melengkung berarti menunjukkan kebesaran, kebijaksanaan. Oleh karena itu, anda sebaiknya menggambar makhluk hidup yang besar dan menunjukkan kewibawaan, contohnya singa, harimau dan gajah.

6. Menggambar pohon

Sesi kali ini, kalian akan dituntut untuk membuat gambar pohon pada kertas. Baiklah, kali ini kita akan mengupas tips trik dan langkah latihan sobat dalam mengerjakan soal psikotes menggambar pohon. 

Berikut cara mengerjakan soal psikotes menggambar pohon:

Pertama, 
Ingatlah jenis pohon yang ada pada ingatan kalian, familiar dan dianggap mudah untuk digambar. Sebaiknya anda menggambar pohon dengan daun yang banyak/ rindang, kayu atau ranting, buah, bunga hingga akar. 


Tentunya, kalian boleh saja menggambar pohon seperti pohon mangga, durian, jambu dan lain- lain. Usahakan jangan terlalu tebal atau tipis ketika kalian menggambarnya dan usahakan pula menggambar dengan satu goresan saja. Hal ini akan menunjukkan bahwa anda bukanlah orang yang ragu dalam membuat keputusan. 

Selain itu, letak pohon sebaiknya berada di tengah-tengah kertas ujian. Dan jangan lupa untuk memberikan judul yang tepat pada gambar sobat yah.

Kedua, 
Sebaiknya kalian menggambar pohon dengan sempurna mungkin, artinya tidak mesti bagus,  melainkan elemen - elemen yang ada pada pohon seperti dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah itu lengkap. 

Biasanya akan ada instruksi “dilarang” menggambar pohon tertentu seperti pohon cemara, pisang, kelapa, umbi-umbian dan beringin. Atau jangan menggambar “beringin”, bukan karena beringin itu mudah untuk digambar, akan tetapi dikarenakan sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang. 

Ketiga, 
Anda sebaiknya mengetahui arti dan tujuan test psikotes menggambar pohon ini, hal ini bertujuan supaya kalian dapat mengerjakannya sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Tes ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja dari calon pekerja. Gambar batang pohon yang cukup besar dan terkesan kuat akan menandakan bahwa kalian adalah seorang yang kuat. Dilengkapi dengan daun-daun lebat/rindang, artinya sobat suka untuk menaungi orang-orang di sekitar anda. Tinggi menjulang menunjukkan bahwa kalian adalah orang yang suka belajar untuk menggapai cita-cita dan harapan kalian. 

Selanjutnya, simbol akar yang kuat berarti kalian mempnyai pegangan hidup dan pendirian yang kuat. dan terakhir arti dari buah adalah sesukses apapun kalian, kalian tidak akan pernah melupakan orang-orang di sekitar kalian.

nah, masalahnya, jika kalian tidak dapat menggambar, makan jangan khawatir karena yang dinilai bukan pandai tidaknya kalian menggambar, melainkan besar-kecil gambar, tarikan garis (tegas atau tidak atau patah-patah), letak gambar (kanan-kiri, atas-bawah, atau center). 

Penguji biasanya juga akan bertanya apakah yang digambar itu adalah pohon apa gambar pohon? Tentunyam tiap gambar memiliki arti pada tes psikotes menggambar pohon.

7. Tes hitung koran/kraepelin


Tes masuk PT. KAI

Tes kali ini akan disajikan dalam bentuk angka yang berjejer dan memiliki pola perhitungan yang berbeda pada setiap kolom dan barisnya. Pada dasarnya , tes ini tidaklah meminta kalian untuk menyelesaikan semua lembar jawab secara tuntas. Akan tetapi, yang paling dinilai dalam tes kali ini adalah ketelitian, ketahanan kerja, dan stabilitasnya. 


Adapun tujuan dari tes ini adalah :

1. Keuletan
Yang pertama adalah untuk melihat keuletan kalian dalam bekerja serta kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah yang rumit dalam waktu yang cepat.

2. Kemauan
Yang dinilai juga adalah tingkat kemauan sobat dalam bekerja dan menyelesaikan pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawab kalian.

3. Tingkat Emosi
Tes ini tentunya mengukur kemampuan kalian dalam mengendalikan emosi saat menyelesaikan pekerjaan yang rumit.

4. Penyesuaian Diri
Tes ini bisa digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru.

Tips menyelesaikan tes hitungan koran atau tes pauli kraepelin :

1. Berdoa
Hal yang paling penting dari semua hal yakni berdoa. Meski anda berusaha, akan tetapi Tuhan tidak mengizinkannya, maka semua tidak akan bisa terjadi. Selain itu, jangan lupa minta didoain sama ortu agar tes kalian mudah dan lancar. 

2. Konsentrasi
Kalian harus benar- benar berkonsentrasi penuh. Berhubung tes ini akan sangat menguras pikiran dan energi kalian, jangan sampai blank dalam mengerjakan tes ini. 

Tes ini adalah tes yang mengisikan angka satuan hasil dari setiap penjumlahan antara 2 angka di setiap kolom. Ada yang dari bawah dan dari atas, tergantung dengan kebijakan perusahaan. Apabila hasil jumlah dari 2 angka itu lebih dari 2 digit, maka yang ditulis adalah digit terkahir. Misal 5+5 = 10, maka yang ditulis adalah 0. 

Olehnya itu, konsentrasi amat sangat dibutuhkan dalam mengerjakan tes ini agar tidak keliru.

3. Jumlah angka stabil
Usahakan jumlah angka dalam masing-masing kolom stabil. Berhubung mengerjakan soal ini diberi waktu yang sedikit. Jadi usahakan buat patokan jumlah angka yang harus dikerjakan, misalnya 12 perhitungan. Usahakan setiap kolom minimal 12 perhitungan agar tidak terjadi bentuk kurva yang zig-zag.

4. Cermat dan Teliti
Perhitungan dengan angka yang banyak kadangkala membuat kalian kebingungan. Usahakan jangan sampai ada angka yang terlewatkan pada setiap kolom.

5. Kenyamanan
Usahakan kalian mencari posisi yang paling nyaman saat mengerjakan tes ini. Hal ini biasanya merupakan kebijakan dari tim yang pengetes. Tapi biasanya kita akan diberikan keleluasaan dalam memilih posisi yang nyaman dalam mengerjakan Tes hitung atau tes kraepelin ini.

6. Persiapan
Persiapan yang matang juga sangat dibutuhkan dalam setiap tes. Baik Tes hitung koran, tes TPA, dan tes lainnya. Alat tulis jangan lupa untuk dipersiapkan dengan baik.

Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai tes ini, silahkan baca Cara Mengerjakan Tes Kraepelin Yang Baik Dan Benar 

8. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Sedikit informasi, tes Edward Personal Preference Schedule alias EPPS merupakan tes kepribadian yang terdiri dari pilihan-pilihan jawaban yang menunjukkan jati diri eseorang. Tes ini berguna untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. 

Seperti namanya, tes ini dibuat oleh Edward berdasarkan teori H. A. Murray tentang kebutuhan.
1.Banyak lah membaca bacaan/artikel mengenai PT. KAI, apakah itu latar belakang, sejarah, dan tujuan dari perusahan tersebut.
2. Setelah memahami poin satu, ambillah kesimpulan.
3. Cocokkan diri pribadi sobat dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan.
4. Isilah dengan konsisten, jangan sampai berubah pikiran.
5. Yakinlah dengan apa yang kalian tulis.
Perusahaan PT. KAI adalah perusahaan transportasi yang pastinya berkaitan dengan ketepatan waktu, disiplin, jujur, ramah dalam pelayanan, sigap dalam menangani masalah, dan mampu bekerja sama.
  

9. Tes analog verbal

Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan kalian dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis dengan menggunakan huruf kapital.

Pada banyak rekrutmen seperti STAN, Tentara, dll., Tes analog verbal sering dijumpa, namun pada rekrutmen PT. KAI seingat saya tidak ada dan digantikan dengan metode lain.
 

10, Tes logika aritmatika

Tes logika aritmatika alias tes deret angka merupkan tes yang bertujuan untuk menguji kecermatan dan ketelitian kalian dalam berhitung.
Tes EPPS [Edwards Personal Preference Schedule] Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. Tes ini disusun oleh Edward berdasarkan teori H. A. Murray tentang kebutuhan. Bacalah banyak hal seputar PT. KAI mengenai latar belakang, sejarah, dan tujuan dari perusahan tersebut. Setelah memahami point satu, ambillah kesimpulan. Cocokkan diri pribadi kalian dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan dalam pekerjaan. Isilah dengan konsisten, jangan sampai berubah pikiran. Yakinlah dengan apa yang kalian tulis. Perusahaan PT. KAI adalah perusahaan transportasi yang pastinya berkaitan dengan ketepatan waktu, disiplin, jujur, ramah dalam pelayanan, sigap dalam menangani masalah, dan mampu bekerja sama. Tes Analog Verbal Tes untuk menilai kemampuan Anda dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis dengan Huruf Kapital. Pada banyak rekrutmen seperti STAN, Tentara, dll., Tes analog verbal sering dijumpa, namun pada rekrutmen PT. KAI seingat saya tidak ada dan digantikan dengan metode lain. Tes Logika Aritmatika Tes logika aritmatika atau juga bisa disebut dengan tes deret angka adalah tes yang menguji dalam ha kecermatan dan ketelitian dalam menghitung. Read more : http://alanhaidir.blogspot.co.id/2017/06/tips-lolos-dengan-mudah-tes-psikologi.html
Tes EPPS [Edwards Personal Preference Schedule] Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. Tes ini disusun oleh Edward berdasarkan teori H. A. Murray tentang kebutuhan. Bacalah banyak hal seputar PT. KAI mengenai latar belakang, sejarah, dan tujuan dari perusahan tersebut. Setelah memahami point satu, ambillah kesimpulan. Cocokkan diri pribadi kalian dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan dalam pekerjaan. Isilah dengan konsisten, jangan sampai berubah pikiran. Yakinlah dengan apa yang kalian tulis. Perusahaan PT. KAI adalah perusahaan transportasi yang pastinya berkaitan dengan ketepatan waktu, disiplin, jujur, ramah dalam pelayanan, sigap dalam menangani masalah, dan mampu bekerja sama. Tes Analog Verbal Tes untuk menilai kemampuan Anda dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis dengan Huruf Kapital. Pada banyak rekrutmen seperti STAN, Tentara, dll., Tes analog verbal sering dijumpa, namun pada rekrutmen PT. KAI seingat saya tidak ada dan digantikan dengan metode lain. Tes Logika Aritmatika Tes logika aritmatika atau juga bisa disebut dengan tes deret angka adalah tes yang menguji dalam ha kecermatan dan ketelitian dalam menghitung Read more : http://alanhaidir.blogspot.co.id/2017/06/tips-lolos-dengan-mudah-tes-psikologi.html
Tes EPPS [Edwards Personal Preference Schedule] Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. Tes ini disusun oleh Edward berdasarkan teori H. A. Murray tentang kebutuhan. Bacalah banyak hal seputar PT. KAI mengenai latar belakang, sejarah, dan tujuan dari perusahan tersebut. Setelah memahami point satu, ambillah kesimpulan. Cocokkan diri pribadi kalian dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan dalam pekerjaan. Isilah dengan konsisten, jangan sampai berubah pikiran. Yakinlah dengan apa yang kalian tulis. Perusahaan PT. KAI adalah perusahaan transportasi yang pastinya berkaitan dengan ketepatan waktu, disiplin, jujur, ramah dalam pelayanan, sigap dalam menangani masalah, dan mampu bekerja sama. Tes Analog Verbal Tes untuk menilai kemampuan Anda dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis dengan Huruf Kapital. Pada banyak rekrutmen seperti STAN, Tentara, dll., Tes analog verbal sering dijumpa, namun pada rekrutmen PT. KAI seingat saya tidak ada dan digantikan dengan metode lain. Tes Logika Aritmatika Tes logika aritmatika atau juga bisa disebut dengan tes deret angka adalah tes yang menguji dalam ha kecermatan dan ketelitian dalam menghitung Read more : http://alanhaidir.blogspot.co.id/2017/06/tips-lolos-dengan-mudah-tes-psikologi.html


Waktu pada tes masuk PT. KAI cukup lama. Pastikan konsentrasi anda terjaga. dan di tengah-tengah kalian menuis nanti akan ada aba-aba buat garis. maka kita harus menggaris angka tersebut.

Baiklah, cukup sampai sekian artikel kali ini, semoga sukses yah guyss......

Salam....

0 Response to "Tentang Tes Psikologi PT. KAI beserta Tips untuk Lolos!!"

Post a Comment