Berapakah Rata- Rata Gaji Pekerja Offshore? Berikut Ulasannya

Banyak orang yang bermimpi untuk bekerja di tengah lautan sebagai pekerja offshare. Demi mencari nafkah, mereka rela mengambil resiko di tengah lautan, yah tapi setahu saya gaji pekerja kerja offshore ini lumayan besar loh pemirsa. 

Katanya, bekerja di pantai lepas itu keren, turun dari helikopter dengan memakai helm dan sebagainya, yah menurut laki laki memang keren sih. Tapi kalau resiko nya menyangkut nayawa, nyali saya sendiri akan ciutt...

Berapakah gaji pekerja lepas pantai?
Sama halnya dengan bekerja di kerja di kapal offshore, kalian harus siap menanggung resikonya. Tapi tenang saja, in sya Allah, jangan lupa berdoa, semua nya akan baik baik saja. lagian berikta tentang kecelakaan di tengah laut sudah jarang saya lihat. Lagian sebelum masuk kerja, kalian harus memenuhi syarat kelayakan kerja offshore.  


Baiklah, langsung saja masuk ke dalam pembahsan dari blog pekerja offshore, hehehe..

Macam- macam kerja lepas pantai dan gajinya

Ada sekitar 10 pekerjaan offshare dan gajinya dalam USD dollar per tahun. Jumlah yang tercantum berdasarkan data yang tersedia yang selalu berubah dari waktu ke waktu. 

Tapi yang membuat saya sampai heran adalah gaji perminyakan di timur tengah dimana jumlahnya sekitar 6 kali lipat dengan gaji pekerja di indonesia, iyya sekitar 65 juta perbulannya.

Baiklah, apa saja pekerjaan tersebut?

1. Konsultan pengeboran lepas pantai - $ 143.000 - $ 305.000

2. Manajer instalasi lepas pantai - $ 120.000 - $ 245.000
 
3. Staf Workover atau Completion - $ 62.000 - $ 205.000

4. Tanker kapten - $ 75.000 - $ 170.000

5. Insinyur kelautan - $ 70.000 - $ 155.000
 
6. Pilot / Pilot Helikopter - $ 93.000 - $ 150.000
 
7. Supervisor Produksi / Pemeliharaan - $ 108.000 - $ 147.000
 
8. Insinyur proses bawah laut / kimia - $ 93.000 - $ 147.000
 
9. Ahli geologi - $ 105.000 - $ 120.000
 
10. Insinyur Reservoir / Drilling - $ 62.000 - $ 116.000
 
Baiklah, sebanrnya jumlah gaji pekerja offshore itu tergantung dari harga minyak rata-rata selama periode tertentu. 

Barapakah gaji kerja offshore?

Berikut gaji dan jenis pekerjaannya:

1. Catering Crew

Berdasarkan sumber yang kami peroleh, gaji catering crew adalah sekitar 3-4 juta   per bulannya. Selain itu, jadwal mereka memiliki struktur tersendiri yaitu biasanya 1 bulan on dan 1 bulan off, dan pada saat mereka off, maka mereka tidak akan memperoleh gaji yang mereka peroleh. So, setiap bulan mereka mendapat 1,5 hingga 2 juta. Bagaimana? Tida sebesar apa yang kita pikirkan.


2. Gaji Rig Crew
 
Nah, selanjutnya kita akan berbicara mengenai gaji rig crew ini. Sebenarnya saya telah menganalisa, ada sekitar 90 volume pencarian tentang gaji rig crew ini di google perbulannya. Jadi sudah sepantasnya kalai pendapatan kru ini sedikit dibahas panjang lebar.

Gaji pekerja Rig crew
Rig crew ini memiliki pendapatan 5 sampai 15 juta rupiah  per bulannya. Pendapatan tersebut masih bisa lebih besar lagi kalau si pekerja tersebut ber pengalaman, belasan maupun puluhan tahun di bagian rig. Lumayan nih gajinya si rig crew..

3. Gaji Service Company

Service Company ini sering juga disebut dengan 3rd party. Service company adalah perusahaan jasa yang menyediakan jasa spesialis dalam melakukan proses pengeboran atau produksi sebuah lapangan minyak atau gas. 

Misalnya, Halliburton, Schlumberger, M.I. Swaco, Frank, Weatherford, Baker Huge dan lain sebgainya. Perusahaan yang telah disebutkan termasuk perusahaan asing dimana hampir semua karyawannya dibayar dalam mata uang US Dollar. Kisaran buat orang Indonesia adalah sekitar US$20 - US$800 per harinya. 

Kenapa rentang gajinya lebar sekali?

Itu dikarenakan banyak hal yang akan membedakan gaji orang-orang tersebut. Dimulai dari kepentingan pekerjaan, pengalaman dan kebijakan dari kontrak. Beda lagi ceritanya kalau kalian kerjanya  di luar negeri, dimana setiap hari bisa memperoleh $200 - $1500 dengan gaji perbulan $1000 - $2000. 

Bagaiaman?

Banyak yang berpikir bahwa ini sudah sangat besar. Ingat!! Ini hanya berlaku saat anda bekerja ON. Dan tentunya ketika kalian OFF, maka tidak ada pekerjaan selama berbulan-bulan.
 
4. Oil Company

Menjadi seorang karyawan dari oil company ternyata cukup dibaggakan. Dilihat dari segi penghasilannya, jaraknya sangat besar. Mulai dari sekitar 7 juta rupiah untuk sarjana fresh graduated hingga puluhan juta rupiah perbulan bagi yang sudah mendedikasikan hidupnya puluhan tahun.

Bekerja di perusahaan minyak memiliki karir yang berjenjang. Dengan adanya fasilitas kesehatan dan allowance lainnya, gaji yang didapatkan akan terasa cukup. Kalian bisa mencoba untuk mendaftar di perusahaan seperti ini.

Mungkin ada yang bertanya, kehidupan para pekerja offshore?? Yah, mungkin sebagian dari mereka harus berpisah dari keluarga dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, buat kalian yang ingin menjadi pekerja perminyakan di laut lepas, persiapkan diri kalian yah....Dan mengenai gaji offshore di pertamina saya juga kurang tahu, silahkan cari di internet.
 
Baikah pemirsa, itulah tadi informasi mengenai gahi pekerja offshore, semoga bermanfaat dan terima kasih..

Terima kasih

0 Response to "Berapakah Rata- Rata Gaji Pekerja Offshore? Berikut Ulasannya"

Post a Comment