Prospek Kerja Teknik Mesin yang Bagus dan Menggiurkan

Alhamdulillah, saya masih diberikan kesempatan untuk meng-update artikel pada blog IdKarir ini yah pemirsa. Kebetulan pada kesempatan ini, saya akan membagikan artikel tentang prospek kerja lulusan teknik mesin, baik diploma maupun yang sudah sarjana. Baiklah, semoga kalian menikmati artikel yang berjudul "Prospek Kerja Teknik Mesin yang Bagus dan Menjanjikan", dan bisa mengambil manfaat darinya.

Pribadi, saya juga tertarik dengan jurusan teknik mesin, karena katanya memiliki prospek kerja yang bagus loh pemirsa. Olehnya itu, saya sementara mendaftar di UTM (Universiti Teknologi Malaysia) dengan mengambil jurusan teknik mesin. Doakan yah semoga lulus pemirsa, hehehe....
Prospek kerja lulusan teknik mesin

Mengapa saya mendaftar di Malaysia padahal di Indonesia juga ada universitas / institut yang tidak kalah bagus, seperti ITB, Undip dll. Yah, simple sih jawabannya, karena saya tidak lulus dan ahh..Urusan pribadi lah.. 

Lanjut saja...


Nah, buat kalian yang sudah kuliah di fakultas teknik, kalian tentunya tahu deh teknik mesin ini. Katanya nih, fakultas ini adalah tempat berkumpulnya cowok gondrong dan keren. Biar tambah keren, kalian musti tahu prospek kerja teknik mesin.  Bisa dibilang, prsopek nya sangat bagus loh guys, menjanjikan lagi. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik mesin pokoknya.

Tenang, banyak yang mungkin berpikiran bahwa lulusan teknik itu tempatnya rata- rata di bengkel, hehhe, bisa jadi sih, tapi bnggak segitu amat loh. Tergantung kualitas kalian lah, kalau kalian termasuk lulusan terbaik, tenang saja, perusahaan lah yang akan datang menghampiri kalian.


Faktanya, ada banyak lulusan tekni mesin yang masih nganggur. Semoga kita kita yang di sini tidak termasuk golongan tersebut yah , aminnn...

Kalau saya sih mau bangun perusahaan yang berhubungan dengan tekni, Allahu a'lam itu apa. Yang penting saya mempunyai mimpi untuk  menemukan sesuatu yang baru.


Sedikit tambahan, prospek kerja teknik mesin d3 juga bagus loh pemirsa, tapi lebih baik jika kalian menyelesaikan pendidikan kalian hingga sarja, karena peluang kerja teknik mesin s1 tentunya akan lebh baik.

Prospek kerja lulusan teknik mesin yang menjanjikan

Nah, berikut peluang kerja bagi lulusan teknik mesin dan siap untuk kalian dapatkan, jangan upa untuk berdoa yah guys, apapun yang kalian lakukan tanpa restu Allah swt., aka tidak akan terjadi.

1. Jadi dosen pengajar

Jadi dosen pengajar mesin adalah pilihan paling cocok buat kalian yang hobi dan sangat suka untuk mengajar sesuatu. Sebenarnya jadi dosen memiliki skill khusus, yah teaching skill. Selain itu, kalian harus melajutkan pendidikan ke jenjang lebih tingga, minimal S2.
Jadi dosen adalah pilihan terbaik buat yang suka ngajar

Tergantung dari minat dan bakat kalian, kalau kalian lebih suka untuk meneliti, maka kalian bisa mencari opsi lain dalam hal ini. Tapi sebenarnya opsi ini lebih cocok buat perempuan/ wanita lulusan teknik mesin. Tidak kok, laki- laki pun juga bagus jadi dosen teknik. 

2. Seorang peneliti

Seperti yang telah saya katakan, kalau kalian lebih suka dengan riset, maka ini lah opsi yang tepat. Sama halnya dengan dosen, peluang kerja satu ini juga berada pada jalur akademisi. Tentunya kalian dapat menjadi seorang peneliti di bidang mesin. 

Contonya, kalian bisa meneliti kendaraan untuk masa depan, ataukah material yang berpotensi bahkan sampai kepada sumber energi alternatif. Nah, instansi pemerintah yang resmi yang menyangkut penelitian ini adalah LIPI.

3. Merancang mesin

Lulusan teknik mesin
Desain dan konstruksi merupakan salah satu bidang di teknik mesin. Dalam hal ini, kalian nantinya akan belajar cara menggambar model mesin sampai dengan memilih bahan dan proses yang tepat untuk pembuatannya. Olehnya itu, peluang kerja buat lulusan teknik mesin khususnya yang jago pada bidang perancangan sangat layak buat kalian.

4. Bidang industri otomotif

Otomotif, termasuk hal yang paling sering dibahas terkati dengan teknik. Hal ii tentunya sudah tidak aneh lagi, semagian besar komponen dan unsur pada otomotif, seperti mesin termasuk pembahasan dala ilmu teknik, jadi bukan hal aneh lagi.

Menariknya lagi, kebanyakan orang jika disebutkan dengan istilah teknik, maka yang paling pertama terlintas dalam benar dan pikiran mereka adalah motor dan mobil. Contohnya saja teman saya, ketika saya meminta pendapat mengenai teknik, dia bilang, "emangnya kamu mau buka bengkal yah?"

Saya tertawa, walah, jadi ini toh yang menjadi persepsi mereka tentang eknik itu. Tidak salah sih, tapi kalau mereka cuman tahunya itu, mah bisa salah interperetasi nantinya. Faktanya, teknik itu luas.

Kembali ke laptop, buat kalian yang memang suka dan merasa passion nya pada bidang otomotif, maka silahkan mendaftar di industri otomotif seperti PT. ASTRA Otoparts.


5. Buka bengkel besar

Nah, seperti yang dikatakan teman saya waktu itu, katanya kalau masuk teknik itu arinya ke bengkel. Yah, ada betulnya sih, tapi kalau bengkelnya termasuk bengkel besar dan kalai adalah bosnya, yah Alhamdulillah. Intinya ikuti passion kalian yah guys...

Kalau suka dengan dunai bengkel, yah buka aja, tapi usahakan yang besar, wkwkw ..

6. Buat penemuan

Nah, ini juga yang menjadi impian saya, menemukan sesuatu yang baru berkaitan dengan teknik. Buat kalian yang suka berinovasi dan memiliki imajinasi dan impain yang tinggi, silahkan buat penemuan dan patenkan. Apakah itu dalam bentuk teori, rumus dan sebagainya.

7. Produksi industri

Anda tentunya juga bisa bekerja di bagian produksi mesin. Pada dasarnya, mesin akan terus diproduksi sehari hari. Kenapa??

karena manusia sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari mesin. Motor, mobil, handphone, TV itu semua membutuhkan mesin dalam pengopersiannya. 

Nah, di bidang ini, kalian akan diajarkan mengenai proses produksi dan semua yang terkait dengan hal tersebut hingga mempelajari cara otomasi produksi / membuat produksi menjadi otomatis dan terkontrol.

8. Insinyur pengelasan

Welding engineer atau yang biasa disebut dengan insinyur pengelasan termasuk salah satu pilihan buat kalian anak teknik. Pengelasan ini mempunyai beragam jenis dan teknik seperti pengelasan di bawah air, yang tentunya sangat ekstrim. 

Nah, bagian ini termasuk bidang dari teknik mesin pemirsa, namun sebelum bekerja, kalian harus mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat terlebih dahulu.

9. Seorang konsultan

Konsultan teknik sangat cocok buat kalian yang jago dalam hal berkonsultasi tentunya. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan konsultan teknik untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan. 

Contohnya nih, terjadi kerusakan pada bagian mesin pabrik dan hal ini tidak dapat ditangani oleh karyawan biasa. Sebagai solusi untuk masalah ini, tentunya mendatangi konsultan adalah pilihant terbaik. Tapi jangan bilang konsultan itu hanya jago teori dan bicara, tidak loh guys. Mereka juga tentunya harus lulusan teknik mesin dan pernah bergelut dalam berbagai bidang menyangkut teknik mesin ini.

10. Industri perminyakan

Seorang insinyur lulusan teknik mesin tentunya akan sangat dibutuhkan dalam industri ini. Dalam mengolah minyaknya, mereka tentunya memakai mesin. Nah, di sinilah peran seorang teknisian. 

Contoh perusahaan yang bergelut pada sektor ini adalah Pertamina dan perusahaan-perusahaan besar di Dubai.Bagi kalian yang jago dalam hal ini, kalian bisa mencoba melamar ke dubai. Tahu sendiri gajinya di sana tinggi- tinggi kan?

11. Menjadi pengusaha

Menjadi seorang pengusaha juga termasuk dalam peluang kerja teknisian. Faktanya, ada banyak \alumni teknik mesin yang memutuskan untuk berkarir di sektor wirausaha, apakah itu dengan menjual produk engineering dan lain sebagainya. Nah, opsi ini tentunya cocok banget buat kalian yang tidak suka disuruh/ diperintah dan benci jadi bawahan orang lain. Kalian bisa bangun perusahaan sendiri seperti perusahaan - perusahaan yang besar itu lho.

Baca juga: Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

12. Bagian pertambangan

Wah, asal tahu aja yah pemirsa, gaji orang yang kerja di pertambangan itu tidak pernah kecil loh, yah setahu saya sih. COntoh konkret nya aja nih yah pemirsa, orang yang kerja di Freeport itu rata - rata jadi orang kaya. Wahh..

Tentunya untuk mengoperasikan dan memperbaiki alat di sana, seperti mesin dan sebagainya, dibutuhkan seorang engineer. Nah, ini tentunya peluang yang sangat bagus buat kalian.

Tapi kelemahannya, kalian yang khususnya dari luar papua harus berjauhan dengan keluarga. Pribadi saya lebih suka sama keluarga aja. Kalau bisa silahkan bawa keluarganya ke sana, iyya kan?

13. Perusahaan energi

Perusahaan yang bergerak di bagian energi seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara) ternyata sangat mengidamkan para lulusan teknik mesin. Pada dasarnya, untuk mengoperasikan mesin di sana, tentunya orang yang paling cocok untuk pekerjaan ini adalah teknisisan mesin. 

Tapi ada loh bapak teman saya yang kerja di PLN dan dia bukan lulusan teknik mesin. Yah, mungkin ia berada di bagian lain pada strukturnya.

14. Maintenance engineer

Bagian maintenance alias pemeliharaan termasuk bagian yang harus ada pada setiap perusahaan industri, industri apapun itu. Olehnya itu, mereka akan merekrut lulusan teknik mesin setiap tahunnya untuk dipekerjakan di perusahaan mereka. 

15. Seorang kontraktor gedung

Mungkin banyak dari kalain yang berpikir bahwa harusnya yang menjadi kontraktor bangunan adalah alumni teknik sipil, padahal sebenarnya tidak seperti itu. 

Terus bagaimana? 

Nah, jadi wilayah urusan seorang teknik mesin ternyata ada juga loh. Contohnya saja pemasangan AC, pemipaan, hingga sirkulasi udara yang dimana itu semua adalah pekerjaan seorang mechanical engineer, anak sipil katanya tidak bisa soal itu. Kalian bisa membayangkan apabila gedung tinggi tidak diisi dengan apapun, tentunya gedung tersebut tidak memiliki daya tarik dimana fasilitasnya yang kosong.

16. Pengembang/ Developer

Alumni teknik mesin ternyata juga bisa bekerja di perusahaan pengembang. Misalnya saja developer mobil listrik, robot rumah tangga, hingga produk-produk futuristik lainnya yang membutuhkan sentuhan tangan seorang insinyur teknik mesin.

17. Industri transportasi

Nah, peluang kerja lulusan teknik mesin yang satu ini akan menuntut mereka untuk dapat merancang dan memproduksi bodi, casis dan lainnya, berkaitan dengan alat transportasi seperti mobil, motor, pesawat dll. Olehnya itu, kalian memang harus jago merancang dalam hal ini dapat mengerti tentang proses pembentukan seperti deep drawing, casting dan sebagainya.

18. Industri proses

Industri proses juga membutuhkan seorang lulusan teknik mesin. Semen, minyak goreng, pupuk, tekstil dan sebagainya menjadi wilayah yang cocok buat seorang alumni teknik mesin. Bersama - sma dengan alumni teknik mesin lainnya, mereka akan merancang proses produksi dll.

19. Perusahaan alat dapur

Ternyata perusahaan produksi alat alat dapur membutuhkan seorang lulusan teknik mesin untuk mengurus bahan / matri dasar dalam memproduksi alat alat dapur tersebut. Contohnya saja, bahan dasar pembuatan pisau yang kebanyakan orang tahu adalah aluminium bukan?

Padahal ada bahan yang lebih baik daripada aluminium tersebut.Itulah teflon, sebagai contoh. Nah, yang paling mengerti tentang hal ini adalah anak teknik mesin.

20. Di instansi pemerintah

Prospek kerja di instansi pemerintahan juga bisa menjadi pilihan bagi lulusan teknik mesin seperti di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, contohnya IPTN dan BPPT.

Itulah kenapa kesempatan berkarir seorang lulusan teknik mesin tidak terbatas hanya di sektor swasta. Mereka juga bisa bekerja sebagai “abdi negara” dengan bekerja di instansi negara seperti yang kami katakan tadi. Ini cocok buat kalian yang suka dengan administrasi seperti mengurus berkas dan sebagainya.

21. Salesman

Sayang yah kalau seorang lulusan teknik keliling ke rumah - rumah dan memperkenalkan produk produk teknik. Contohnya, mesin dan alat alat yang dibutuhkan oleh pengusaha swasta seperti alat untuk memotong kayu dan sebagainya. 

Tidk ada salahnya sih, tapi kalau saya pribadi, lebih baik kalian menembak perusahaan dan pekerjaan yang lebih besar, meskipun resiko nya yang besar, akan tetapi yakinlah kalian bisa sukses, amin...

22. Dan masih banyak lainnya

Kalian bisa melamar kerja di perkantoran, imam di mesjid (kalau punya syara bagus seperti Muzammil dari ITB) atau sekalian jadi Wirausahawan. Tidak anaeh kalau lulusan teknik mesin membagun usaha sendiri dan mempekerjakan orang lain. Dengan modal dan pengetahuan yang mereka miliki, mereka bisa membangun perusahaan seperti industri mobil, membuka industri perhotelan, menjadi desainer mekanik, dan sebagainya.

Itulah tadi opsi prospek kerja  yang sangat menjanjikan. Semoga tidak ada yang menjadi sarjana teknik mesin yang nganggur.

Berapa gaji lulusan teknik mesin?

Ini mungkin juga menjadi pertimbangan bagi kalian yang akan mengambil jurusan teknik mesin, baik sampai d3 maupun hingga sarjana. Perlu kalian ketahui, bahwa sanya teknik mesin ini masuk dalam jajaran pekerjaan dengan gaji terbesar, saya tidak tahu detail nya. Yang jelas, informasi ini saya ketahui dari stus berita terpercaya Indonesia , liputan6.

Berapa gajinya?

Gaji rata-rata: £ 39.528 (Rp 760 juta)
Sayangnya informasi ini tidak relevan di Indonesia, kemungkinan data ini berdasarkan rata rata gaji di dunia. Kalau kalian ingin mengetahui secara detail inforasi tentang gaji teknik mesin, silahkan ke artikel ini.

Hal ini patut kalian syukuri, bilaman diberi kesempatan untuk mengambil jurusan yang satu ini. Dengan prospek yang menjanjikan, In sya Allah, kalian bisa menunjang kehidupan kalian.

Baiklah pemirsa, demikian artikel mengenai prospek atau peluang kerja  seorang lulusan teknik mesin / mechanical engineer yang sangat bagus. Seoga bermanfaat dan salam sukses...

Terima kasih..

0 Response to "Prospek Kerja Teknik Mesin yang Bagus dan Menggiurkan"

Post a Comment